Senin, 08 Desember 2014

DOMAIN DAN FUNGSINYA

Bagi yang belum tau apa sih Domain itu? Dan apa saja nama domain dan fungsinya? Yuk disimak! Disini kita akan bahas pertanyaan kalian tadi.

Pengertian Domain
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Domain adalah wilayah; daerah; tanah. Namun pengertian dan definisi dari domain disini adalah suatu ruang atau space (baik secara fisik maupun abstrak) dimana sesuatu itu ada atau valid atau diselenggarakan. Pada teknologi informasi terutama dalam internet, kata domain selalu diidentikkan dengan suatu nama atau alamat di sebuah jaringan. Lebih terkhusus lagi domain didefinisikan sebagai suatu alamat situs internet.
Domain merupakan suatu nama unik yang berformat huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-) yang diberikan untuk menamai alamat URL website dan untuk mengidenfitikasi nama server komputer di jaringan komputer maupun internet serta sebagai pengganti format deretan angka alamat IP client server hosting tempat file website diletakkan.
Jadi secara umum, Domain atau Domain Name dalam dunia Web berarti nama yang mengidentifikasi sebuah situs Web. Domain name dipakai untuk menuju pada sebuah alamat IP. Misalnya, "microsoft.com" adalah nama domain dari situs Web Microsoft.
Fungsi Domain
Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org".

Jenis-Jenis Domain :
Secara umum, domain name terdiri atas dua jenis, yaitu:
1.      Generic Domains (gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net  .Org .Edu .Mil atau .Gov . Jenis domain ini sering juga disebut Top Level Domain, yaitu domain itu langsung dibawah root (titik dibelakang nama domain). Dan tidak menunjukkan domain berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.
Seperti:
.com         : Digunakan untuk keperluan komensial.
.biz           : Digunakan untuk keperluan bisnis.
.edu          : Digunakan untuk keperluan pendidikan.
.info         : Digunakan untuk keperluan informasi.
.name       : Digunakan untuk keperluan web pribadi.
.net           : Digunakan untuk keperluan internet.
.org           : Digunakan untuk keperluan organisasi.
.pro           : Digunakan untuk keperluan profesional.
.tv             : Digunakan Untuk Pertelevisian
2.      Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berakhiran dengan dua huruf ektensi. Domain ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing negara. Dan sering juga disebut Second Level Domain yaitu domain yang berada dibawah Top Level Domain.  Contoh :  Jika contoh Top Level Domain adalah .com maka contoh Secondary Level Domain adalah .co.uk .com.gr  dan lain sebagainya.
Untuk Indonesia terbagi menjadi beberapa sub domain seperti :
. ac.id        : Jenis domain yang digunakan bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi   dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.co.id        : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.or.id        : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi selain organisasi yang masuk kedalam kategori domain ac.id, co.id, net.id, go.id, mil.id, sch.id, dst dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.net.id       : Jenis domain yang digunakan bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
. web.id    : Jenis domain yang digunakan bagi personal dan organisasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.sch.id      : Jenis domain yang digunakan bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
. go.id       : Jenis domain yang digunakan khusus bagi instansi pemerintah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.mil.id       : Jenis domain yang digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
. war.net.id :Jenis domain yang digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar